Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah dari guru penggerak provinsi Banten


 Pelatihan peningkatan kompetensi  kepala sekolah dan guru penggerak BGP Provinsi Banten,menjadi tulisan saya di kompasiana pada hari ke 3,saya mengikuti kegiatan di sini,  yang di adakan dari tanggal 16 sampai 22 Oktober 2023 ,yang di adakan di EX PPPTK Penjas dan BK,Malam ini di buka oleh ketua penyelanggara Bapak M.Ropiq ,yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa jumlah peserta dikegiatan ini berjumlah 100 ,orang yang terdiri dari beberapa kabupaten Tangerang,Serang,Pandeglang ,Tangerang Selatan.Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah yang di laksanakan di BGP Provinsi Banten Ex.PPPTK Penjas BK,bertempat di jalan Raya Parung No.420,Lebak Wangi Parung Bogor.

Pada hari ke pertama selesai pembukaan yang di buka oleh ketua BGP Provinsi Banten Bapak DR.Sugito Adiwarsito .MPD.OR, yang dalam sambutannya malam itu mengajak semua guru penggerak untuk menciptakan perubahan pembelajaran dan mempraktikan langsung hasil dari pembekalan selama mengikuti semua program di guru penggerak, kami istirahat masuk ke kamar masing-masing untuk persiapan hari ke dua,pagi jam 7.30 kami sudah berada di kelas di lanjutkan dengan masuk kedalam masing-masing dan bertemu dengan Widya Prada Ahli Madya dari Provinsi Banten yaitu  Bapak Eko Sudarmanto.Yang akan memberikan materi pengembangan karakter  dalam mencapai profil pelajar Pancasila.Materi yang di sampaikan oleh bapak Eko  adalah tentang pengembangan karakter bagi kepala Sekolah melalui penyusunan  program pencapaian profil pelajar Pancasila. Dengan menggunakan metode Reflektif dan Eksporatif,dengan kegiatan praktis melalui dinamika kelompok yang bertujuan Menyusun program pengembangan karakter ,Penggunaan Platform Raport Pendidikan dan Perencanaan berbasis data (PBD). Selama 2 hari saya belajar bersama pak Eko sangat menyenangkan ,karena kami di berikan kesempatan untuk memahami Platform Raport Pendidikan dan Perencanaan berbasis data (PBD) Selesai itu kami di beri kan tugas mandiri dan kelompok untuk bisa menyelesaikan LK PBD .

Masih di hari ke 3 di jam ke 4,kelas D tempat saya belajar berganti  Narasumber berikutnya yaitu Bapak Imam Zulkarnaen .M.Pd. Dengan materi Manajemen pembelajaran yang berpusat pada murid. .

Tujuan umum : Memberikan penguatan pengetahuan dan kompetensi dalam melaksanakan manajemen pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik.

Pengelolaan Manajemen pembelajaran yaitu   Perencanaan ,pelaksanaan, Data ,Evaluasi

Perencanaan  bagaimana kepala sekolah menjadi pemimpin pembelajaran,yang lebih dahulu mengetahui pembelajaran yang akan di lakukan oleh gurunya. 

Tujuan Khusus 

1.    Memahami manajemen pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik

2.    Memodifikasi modul ajar

3.    Menganalisis pembelajaran melalui pengamatan vidio pembelajaran yang berorentasi pada peserta didik dengan instrumen pengamatan 

4.    Menganalisis hasil asesmen pembelajaran dan menentukan tindak lanjut

Materi 1. Manajemen 

            Manajemen pembelajaran adalah suatu upaya kepemimpinan dalam merencanakan ,melaksanakan ,dan menilai atau mengevaluasi suatu pembelajaran kepada peserta didik dengan berbagai komponen yang ada untuk menunjang proses belajar siswa secara efektif. 

Komponen manajemen  untuk mencapai kualitas yaitu : Kepemimpinan ,Lingkungan sekolah ,Kurikulum,Pengajaran di sekolah .

Peran Kepala Sekolah :

1.    Menentukan arah tujuan

2.    Mendesain dan mengelola sarana dan prasarana

3.    Mengembangkan potensi dirinya ,tenaga pendidik dan peserta didik

4.    Memanajemen pembelajaran di sekolah

Di lanjutkan dengan tugas 1 ,kelompok yaitu tugas manejemen pembelajaran yang berpusat pada murid, dengan pertanyaan :

1.    Pinsip pembelajaran di rancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini sesuai dengan kebutuhan belajar dan mencerminkan karakteristrik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan .

2.    Hal yang perlu di lakukan  yaitu Melakukan analisi terhadap kondisi,latar belakang ,tahap perkembangan dan pencapaian peserta didik sebelumnya dan melakukan pemetaan. Pendidik melakukan inovasi terhadap metode dan strategi pengajarannya .

3.    Hal yang perlu di tinggalkan, yaitu langsung menerapkan modul ajar ,tanpa melihat kebutuhan peserta didik dan menyamaratakan metode pembelajaran Hanya mengetes atau menilai ketrampilan abad 21 tanpa mengajarkan ketrampilannya.

Masih berdiskusi dengan kelompok malam ini, semoga besuk bisa mengikuti kegiatan di awali dengan senam pagi bersama dan akan di lanjutkan dengan pembekalan materi di hari ke 4,semoga kita semua di berikan Kesehatan sampai selesai mengikuti kegiatan di sini.Salam sehat dan tetap semangat.

Komentar

  1. Semangat selalu, semoga ilmu yang diperoleh dapat menjadi penguat memimpin sekolah

    BalasHapus
  2. Keren Banget Oma Tuti Dede 🥰👍🏻 Ditengah pelatihan dan kesibukan selalu istiqomah menulis, menginspirasi dan memotivasi. Sehat Selalu Oma 🤲

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruslah merasa haus dengan terus belajar

Wujudkan mimpi dengan kesungguhan

Kunci dari keberhasilan ikhlas dan sabar