Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah dari guru penggerak provinsi Banten
Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru penggerak BGP Provinsi Banten,menjadi tulisan saya di kompasiana pada hari ke 3,saya mengikuti kegiatan di sini, yang di adakan dari tanggal 16 sampai 22 Oktober 2023 ,yang di adakan di EX PPPTK Penjas dan BK,Malam ini di buka oleh ketua penyelanggara Bapak M.Ropiq ,yang dalam sambutannya menjelaskan bahwa jumlah peserta dikegiatan ini berjumlah 100 ,orang yang terdiri dari beberapa kabupaten Tangerang,Serang,Pandeglang ,Tangerang Selatan.Pelatihan peningkatan kompetensi kepala sekolah yang di laksanakan di BGP Provinsi Banten Ex.PPPTK Penjas BK,bertempat di jalan Raya Parung No.420,Lebak Wangi Parung Bogor.
Pada hari ke pertama selesai pembukaan yang di
buka oleh ketua BGP Provinsi Banten Bapak DR.Sugito Adiwarsito .MPD.OR, yang
dalam sambutannya malam itu mengajak semua guru penggerak untuk menciptakan
perubahan pembelajaran dan mempraktikan langsung hasil dari pembekalan selama
mengikuti semua program di guru penggerak, kami istirahat masuk ke kamar
masing-masing untuk persiapan hari ke dua,pagi jam 7.30 kami sudah berada di
kelas di lanjutkan dengan masuk kedalam masing-masing dan bertemu dengan Widya
Prada Ahli Madya dari Provinsi Banten yaitu Bapak Eko Sudarmanto.Yang akan memberikan
materi pengembangan karakter dalam
mencapai profil pelajar Pancasila.Materi yang di sampaikan oleh bapak Eko adalah tentang pengembangan karakter bagi
kepala Sekolah melalui penyusunan
program pencapaian profil pelajar Pancasila. Dengan menggunakan metode
Reflektif dan Eksporatif,dengan kegiatan praktis melalui dinamika kelompok yang
bertujuan Menyusun program pengembangan karakter ,Penggunaan Platform Raport
Pendidikan dan Perencanaan berbasis data (PBD). Selama 2 hari saya belajar
bersama pak Eko sangat menyenangkan ,karena kami di berikan kesempatan untuk
memahami Platform Raport Pendidikan dan Perencanaan berbasis data (PBD) Selesai
itu kami di beri kan tugas mandiri dan kelompok untuk bisa menyelesaikan LK PBD
.
Masih di hari
ke 3 di jam ke 4,kelas D tempat saya belajar berganti Narasumber berikutnya yaitu Bapak Imam Zulkarnaen
.M.Pd. Dengan materi Manajemen pembelajaran yang berpusat pada murid. .
Tujuan umum : Memberikan penguatan pengetahuan dan kompetensi
dalam melaksanakan manajemen pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik.
Pengelolaan
Manajemen pembelajaran yaitu Perencanaan ,pelaksanaan, Data ,Evaluasi
Perencanaan
bagaimana kepala sekolah menjadi pemimpin pembelajaran,yang lebih dahulu
mengetahui pembelajaran yang akan di lakukan oleh gurunya.
Tujuan
Khusus
1.
Memahami manajemen pembelajaran yang berorientasi pada peserta
didik
2.
Memodifikasi modul ajar
3.
Menganalisis pembelajaran melalui pengamatan vidio pembelajaran
yang berorentasi pada peserta didik dengan instrumen pengamatan
4.
Menganalisis hasil asesmen pembelajaran dan menentukan tindak
lanjut
Materi 1.
Manajemen
Manajemen
pembelajaran adalah suatu upaya kepemimpinan dalam merencanakan ,melaksanakan
,dan menilai atau mengevaluasi suatu pembelajaran kepada peserta didik dengan
berbagai komponen yang ada untuk menunjang proses belajar siswa secara efektif.
Komponen manajemen untuk mencapai kualitas yaitu :
Kepemimpinan ,Lingkungan sekolah ,Kurikulum,Pengajaran di sekolah .
Peran Kepala Sekolah :
1.
Menentukan arah tujuan
2.
Mendesain dan mengelola sarana dan prasarana
3.
Mengembangkan potensi dirinya ,tenaga pendidik dan peserta didik
4.
Memanajemen pembelajaran di sekolah
Di
lanjutkan dengan tugas 1 ,kelompok yaitu tugas manejemen pembelajaran yang
berpusat pada murid, dengan pertanyaan :
1.
Pinsip pembelajaran di rancang dengan mempertimbangkan tahap
perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini sesuai dengan
kebutuhan belajar dan mencerminkan karakteristrik dan perkembangan yang beragam
sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan .
2.
Hal yang perlu di lakukan
yaitu Melakukan analisi terhadap kondisi,latar belakang ,tahap
perkembangan dan pencapaian peserta didik sebelumnya dan melakukan pemetaan. Pendidik
melakukan inovasi terhadap metode dan strategi pengajarannya .
3.
Hal yang perlu di tinggalkan, yaitu langsung menerapkan modul ajar
,tanpa melihat kebutuhan peserta didik dan menyamaratakan metode pembelajaran Hanya
mengetes atau menilai ketrampilan abad 21 tanpa mengajarkan ketrampilannya.
Masih
berdiskusi dengan kelompok malam ini, semoga besuk bisa mengikuti kegiatan di
awali dengan senam pagi bersama dan akan di lanjutkan dengan pembekalan materi
di hari ke 4,semoga kita semua di berikan Kesehatan sampai selesai mengikuti
kegiatan di sini.Salam sehat dan tetap semangat.
Semangat selalu, semoga ilmu yang diperoleh dapat menjadi penguat memimpin sekolah
BalasHapusTerimakasih doa dan suportnya
HapusKeren Banget Oma Tuti Dede 🥰👍🏻 Ditengah pelatihan dan kesibukan selalu istiqomah menulis, menginspirasi dan memotivasi. Sehat Selalu Oma 🤲
BalasHapus