Dampak merdeka belajar untuk kebaikan anak -anak
Dampak
merdeka belajar kebaikan untuk anak menjadi tulisan saya di kompasiana pada
tanggal 28 juli 2023,Merdeka belajar
tujuannya adalah anak, kami percaya bahwa apa bila guru-guru merdeka
belajar, berkometmen terhadap tujuan belajarnya, mandiri menentukan cara belajar yang paling efektif untuk anak
dan berefleksi untuk memonitor proses dan hasil belajar.Berbicara mengenai
penerapan merdeka belajar maka dapat
membantu anak-anak merdeka belajar. Belajar tumbuh dari dari perasan bahagia
dan muncul dari anak sendiri karena anak sendirilah yang akan mengevaluasi
dirinya sendiri. Dampak positif yang di
rasakan oleh siswa dalam mengikuti merdeka belajar yaitu sangat di rasakan oleh
siswa di antaranya yaitu perubahan pada pembelajaran siswa,yang mana di dalam
kurikulum merdeka siswa di berikan kesempatan untuk mengeksplorasi dan
mengekspresikan minat belajar yang bertujuan untuk membentuk siswa dengan jiwa
kompetensi dan karakter yang baik.
Berbicara mengenai penerapan merdeka belajar
tidak lepas dari dampak apa yang bisa di hadirkan kepada semua para pihak yang
terlibat, berbagai diskursus tentang merdeka belajar yang di paparkan pada
bagian-bagian di dalam buku memunculkan banyak pertanyaan So What? Lalu apa ?
Apa dampaknya? Pertanyaan “So What ?” tersebut mengelitik untuk mencari tahu
menggali lebih dalam lagi mengenai dampak apa yang di timbulkan setelah teori
merdeka belajar ini di implementasikan kedalam praktik di dalam ruang kelas. Manfaat merdeka belajar bagi siswa yaitu
mengembangkan ketrampilan abad ke -21 seperti kretivitas,kolaborasi dan
pemecahan masalah. Saya mengajar sejak tahun 1991 artinya saya sudah cukup lama
sehingga saya bisa menilai bahwa ada perubahan nyata pada proses pembelajaran
yang saya jalani, setelah saya menerapkan konsep Merdeka Belajar.Ada dua hal penting yang bagi saya sebagai
kunci perubahan ini yang pertama adalah memindahkan wewenang belajar pada murid
,dan yang kedua adalah memfasilitasi murid untuk mencapai hal yang pertama.Dan
sebagai guru dalam hal yang pertama di atas saya harus berlapang dada menerima
keunikan tiap murid, Sebagai subjek dalam proses belajar mereka punya tujuan
dan cara sendiri, jadi bukan hanya tujuan dan cara saya yang benar di samping
itu saya harus kembali berefleksi kembali tentang hakekat mata pelajaran yang
saya ajarkan karena hanya dengan pemahaman itu saya bisa memandu anak-anak
untuk memenuhi tujuan dan cara belajar masing-masing. Salam sehat dan tetap
semangat.
Komentar
Posting Komentar