Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi
Apa sih Pembelajaran
“Berdiferensiasi “ Menjadi tulisan saya di hari kamis tanggal 16 maret 2023 di
kompasiana .Di dalam kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia ) ,Pembelajaran
Diferensiasi adalah Proses atau filosofi
untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami
informasi baru untuk semua siswa dalam komunikasi ruang kelasnya yang beraneka
ragam,karena setiap siswa mempunyai karakteristrik yang berbeda ,sehingga tidak
bisa di beri perlakuan yang sama oleh karena itu guru di dalam menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal
yang akan di ambil untuk pembelajaran berdiferensiasi guru tidak boleh
memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid ,guru tidak
boleh membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang mampu
.Karakteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain ,Lingkungan belajar
mengundang murid untuk belajar ,kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang di
definisikan secara jelas ,terdapat penilai yang berkelanjutan ,guru merespon
kebutuhan belajar siswa dan manajemen kelas efektif . Untuk dapat menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi di kelas guru harus melakukan pemetaan kebutuhan
belajar berdasarkan 3 aspek yaitu1.
kesiapan belajar ,minat belajar ,dan profil belajar murid semua itu bisa
di lakukan dengan wawancara ,observasi dan survey . 2. Merencanakan
pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan ,memberikan berbagai
pilihan baik dari strategi ,materi ,cara belajar .3. Mengevaluasi dan refleksi
pembelajaran yang sudah berlangsung .Terdapat tiga stategi Diferensiasi yaitu :
1. Diferensiasi Konten
Konten adalah apa yang akan kita ajarkan
kepada murid ,konten dapat di bedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan minat
dan profil belajar siswa .
2. Diferensiasi Proses
Proses mengacu pada bagaimana murid akan
memahami atau memaknai apa yang akan di pelajari dengan cara menggunakan
kegiatan berjenjang ,menyediakan pertanyaan pemandu /tantangan yang perlu di
selesaikan di sudut minat ,membuat agenda individual untuk murid ,
mengembangkan kegiatan bervariasi .
3. Diderensiasi Produk
Produk adalah hasil pekerjaan
yang di tunjukan murid kepada kita misal
karangan ,pidato ,sesuatai yang ada wujudnya .Produk yang di berikan meliputi 2
hal yaitu 1. Memberikan tantangan dan keragamanan /variasi . 2. Memberikan
murid pilihan bagaimana mereka dapat mengekpresikan pembelajaran yang di
inginkan . Ciri –ciri pembelajaran berdiferensiasi adalah lingkungan belajar
yang dapat mengundang murid untuk tertarik belajar ,tujuan kurikulum yang di
definisikan secara jelas ,penilaian berkelanjutan ,guru menanggapi dan merespon
kebutuhan belajar murid ,serta manajemen kelas yang efektif. Dengan mengetahui
tujuan pembelajaran berdiferensiasi untuk setiap siswa guru semakin memahami
tentang posisi belajar sehingga pembelajaran bisa sesuai dengan kebutuhan siswa
. Teruslah Bertanya ,Teruslah Belajar ,Teruslah Bermanfaat !
Salam Blogger Persahabatan
Komentar
Posting Komentar