Resume Public Speaking Gel 6 /GURU HEBAT MASA KINI
RESUME PUBLIIC SPEAKING GEL 6 /PERTEMUAN KE 9
DENGAN TEMA
GURU HEBAT MASA
KINI
Hari selasa ,tanggal 28
Februari 2023.
Dengan Narasumber :
Dr. Drs. T.M. Jamil, M.Si
Guru pada Sekolah
Pascasarjana
Program Doktor (S3)
Pendidikan IPS
Universitas Syiah Kuala
Banda Aceh
HP/WA : 085230687117
Email : tm_jamil@usk.ac.id
My Blog : https://variyaka.wordpress.com
INTRODUCTION
T.M.Jamil,Drs,M.Si,Dr.
RiwayatPendidikan:
•S1:DepartemenEkonomiUmum,UniversitasSyiahKuala,1986
•S2:Magister,IlmuSosialdanPolitik,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,1997
•S3:Doktor,IlmuSosial,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,2009
Malam ini seperti biasa ibu Rifatun membuka kegiatan Public
Spking yang di awali dengan berdoa di malam ini bersama dengan narasumber hebat
Bapak T.M Jamil ,Drs.M.Si.Dr .Saya tidak bisa ikut hadir di zoom karena ada
acara lain ,tapi saya menyimak video nya
lewat youtu.be .Dengan topic Guru Hebat Masa Kini . Ayo kita menjadi guru penggerak
yang hebat dengan membuat kesiapan belajar .Kesiapan belajar adalah kapisitas untuk
materi ,konsep ,ketrampilan baru .Inilah contoh guru hebat yang siap melayani
siswanya kapan saja dan di mana saja . Sebuah tugas yang mempertimbangkan
tingkat kesiapan murid akan membawa keluar dari zona nyaman ,mereka memberikan
tantangan,namun dengan lingkungan yang memadai materi /ketrampilan baru
tersebut akan bisa di terapkan .
SAATNYA SEKOLAHDI NEGERI INI
MEMBUTUHKAN ‘GURUHEBAT’
MENGAPA?
KARENA SEKOLAH berkualitas menjadi harapan kita semua. Tidaklah
mudah membuat sekolah berkualitas ,baik sekolah lama maupun sekolah baru. Baik sekolah
negeri maupun swasta .Baik sekolah kota mau pun sekolah desa.Banyak faktor yang dapat menentukan sekolah berkualitas ,salah satu faktor penting adalah
Guru Yang Hebat.
Guru hebat selalu standby melayan isiswa, orangtua dan stakeholders sepanjang
waktu, kapanpun dibutuhkan .Greatschoolstaff(2018) ,menyatakan bahwa dalam melayani proses pendidikan ,Guru
hebat dapa tdicirikan dengan(1) menetapkan harapan yang
tinggi untuk semua siswa ,sesuai dengan potensi dan kondisi ,(2)memiliki
tujuan yang jelas dan terdokumentasi ,(3)harus siap dan terorganisir ,(4)melibatkan
siswa untuk peduli terhadap issu dalam berbagai hal, (5)guru mendalami salah satu
subjectmatte rdan (6)mengupayakan
sering berkomunikas idengan orang tua.
AshleyPeterson-DeLuca,C(2016)mengetengahkan kualita sguru
hebat menurut kacamata siswa,yaitu: (1)kemampuan mengembangkan hubungan dengan
siswa,(2)berkepribadian sabar,peduli dan baik,(3)memiliki pengetahuan
tentang siswa,(4)memiliki dedikasi untuk mengajar,dan(5)mengawali siswa yang terikat dengan
belajar.
Walaupun Guru hebat memiliki beberapa sifat tersebut diatas ,namun
tidak cukup untuk konteks Indonesia.
Guru hebat harus menunjukkan moralitas dan akhlaq mulia .Disamping itu guru hebat juga
perlu menunjukkan berpikir terbuka dan kreatif.
Demikian juga perilaku mandiri dengan spirit interpreneurship.
Jika semua sifat tersebut dapat ditunjukkan oleh Guru hebat,dapat dipastikan
kualitas sekolah menjadi lebih baik dari waktu kewaktu. Hampir setiap guru,khususnya
Guru hebat,dalam menunaikan tugas profesionalnya,menghadapi berbagai tantangan,diantaranya:(1)Kurangnya
kerjatim,empati,dan dukungan antar siswa,(2)Guru bekerja terlalu banyak peran pada
waktu yang sama,(3)Tidak ada waktu untuk refreshing fisik,(4)Guru dituntut bertanggung
jawab lebih daripada seharusnya,(5)Tidak ada waktu untuk membuat rencana pembelajaran
yang terus menerus diperlukan,(6)Tuntutan yang berlebihan tentang data untuk
statistic atau riset,(7)Menjaga ekspektasi yang tinggi dari sekolah,dan(8)Menerapkan
kurikulum untuk semua tipe siswa.
Tantangan ini tidak bisa dibiarkan.Harus ditangani dengan
sebaik-baiknya.Guru hebat harus memiliki komitmen tinggi untuk terus menghadapi
tantangan yang berubah dengan cepat.Tantangan apapun harus dihadapi oleh Guru hebat
dengan kompetensi dan profesionalisme yang tak diragukan.
SEMUA HARAPAN ITUBISA
DIWUJUDKAN DENGAN ...
CARANYA...???
GURU“HEBAT”MEMENUHIKUALIFIKASIDANMEMILIKISELURUHKOMPETENSIPENDIDIK
KOMPETENSI PEDAGOGIK
•Kompetensi pedagogic adalah kemampuan
atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar
dengan peserta didik.Terdapat 7 aspek dalam kompetensi pedagogic yang wajib dikuasai,yaitu:
1.Karakteristik
para peserta didik
2.Teori
belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
3.Pengembangan
kurikulum
4.Pembelajaran
yang mendidik
5.Pengembangan
potensi para peserta didik
6.Cara
berkomunikasi
7.Penilaian dan evaluasi belajar
Kompetensi Profesional
•Kompetensi profesionalini adalah kemampuan atau keterampilan
yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat di selesaikan dengan baik
dan benar.Keterampilan ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung
dengan kinerja guru. Indikator kompetensi
profesional guru adalah:
1.Menguasai materi
pelajaran yang diampu, meliputi struktur pelajaran, konsep pelajaran dan pola pikir
keilmuan materi tersebut.
2.Menguasai Standar
Kompetensi dan tujuan pembelajaran dar ipelajaran yang di ampu.
3.Mampu mengembangkan
materi pelajaran dengan kreatif sehinggabisamemberi pengetahuan dengan lebih luas
dan mendalam.
4.Mampu bertindak
reflektif dami mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
5.Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)
dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian
berkaitan dengan karakter guru,yang wajib dimiliki agar menjadi teladan bagi para
peserta didik.Selain itu,paraguru juga harus mampu mendidik para muridnya agar membantu
mereka memiliki kepribadian yang baik.Terdapat beberapa kepribadian yang harus dimiliki
guru,yaitu:
1.Kepribadian yang stabil,bertindak sesuai dengan norma sosial
dan bangga menjadi guru.
2.Kepribadian yang dewasa,menampilkan kemandirian dalam bertindak
sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
3.Kepribadian yang arif menampilkan tindakan yang didasarkan pada
kemanfaatan peserta didik,sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam
berpikir dan bertindak.
4.Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh
positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang di segani.
5.Berakhlak mulia
meliputi bertindak sesuai dengan norma religious dan memiliki perilaku yang diteladani
peserta didik.
Kompetensi Sosial
•Kompetensi
sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta
didik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik,dan masyarakat sekitar.Kemampuan
ini meliputi:
1.Bertindak
objektif,tidak diskriminatif berdasarkan jenis kelamin,agama,ras,kondisi fisik,latar
belakang keluarga,dan status sosial keluarga.
2.Berkomunikasi
secara efektif,empatik,dan santun kepada sesame pendidik,tenaga kependidikan,orang
tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
3.Beradaptasi
ditempat bertugas diseluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.
4.Berkomunikasi dengan lisan maupun
tulisan.
APA YANG TERPENTING BUAT
GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
•Menciptakan
suasana pembelajaran yang memungkinkan siswa menyerap sebanyak-banyaknya materi
yang guru sampaikan.
•Mengembangkan
kepribadian siswa secara utuh melalui pengembangan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
siswa.
•Memberikan pembelajaran kepada
siswa sesuai dengan apa yang ditargetkan pada kurikulum.
APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU
YANG MENYENANGKAN?
•Kesan1…Jika
seorang guru menyenangkan pada pertemuanya walau biasanya dapat membuat para
siswa langsung mengenal kita sebagai guru yang menyenangkan.
•Kesan2…membangkitkan kelas yang
menyerupai“kuburan”menjadi kelas dinamis dan para siswa tidak ada
yang tidak bicara selama proses belajar.
Selanjutnya ...
•Kesan3…Belajar sungguh membahagiakan
hati dan mendamaikan jiwa.
•Kesan4…Mengantarkan para siswa
kesurga dengan selalu tanpa lelah memberikan nasehat,saran dan dorongan untuk mengamalkan
ilmu dengan benar.
DEKATI
SISWA...
Guru hebat mampu
menghadirkan cinta ada profesinya dan adap ada siswanya,mampu mengajar dengan memadukan
pengetahuan,menguasai public speaking,memiliki banyak icebreaking,menampilkan slide
yang kreatif dan komunikatif,memiliki media yang menarik,mampu membuat para siswa
berpendapat,memanfaatkan teknologi dan internet untuk referensi proses pembelajaran.
Buat suasana pembelajaran
yang menggapai semua siswa dengan mengkondisikan tempat duduk,eyecontact dan sering
berjalan kearah siswa.
PENUTUP
Sebagai Penutup Dapat Disampaikan Bahwa:kehadiran Guru hebat
sangat berarti dalam membangun sekolah bermutu.Guru hebat tidak hanya bisa hadir
disekolah melainkan juga diluar sekolah.Guru hebat mampu menjadi model dan teladan
bagi semua.Guru hebat harus memiliki spirit untuk membangun sebuah peradaban yang
bermartabat.
RESUME PUBLIIC SPEAKING GEL
6 /PERTEMUAN KE 9
DENGAN TEMA
GURU HEBAT MASA
KINI
Hari selasa ,tanggal 28
Februari 2023.
Dengan Narasumber :
Dr. Drs. T.M. Jamil, M.Si
Guru pada Sekolah
Pascasarjana
Program Doktor (S3)
Pendidikan IPS
Universitas Syiah Kuala
Banda Aceh
HP/WA : 085230687117
Email : tm_jamil@usk.ac.id
My Blog : https://variyaka.wordpress.com
INTRODUCTION
T.M.Jamil,Drs,M.Si,Dr.
RiwayatPendidikan:
•S1:DepartemenEkonomiUmum,UniversitasSyiahKuala,1986
•S2:Magister,IlmuSosialdanPolitik,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,1997
•S3:Doktor,IlmuSosial,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,2009
Malam ini seperti biasa ibu Rifatun membuka kegiatan Public
Spking yang di awali dengan berdoa di malam ini bersama dengan narasumber hebat
Bapak T.M Jamil ,Drs.M.Si.Dr .Saya tidak bisa ikut hadir di zoom karena ada
acara lain ,tapi saya menyimak video nya
lewat youtu.be .Dengan topic Guru Hebat Masa Kini . Ayo kita menjadi guru penggerak
yang hebat dengan membuat kesiapan belajar .Kesiapan belajar adalah kapisitas untuk
materi ,konsep ,ketrampilan baru .Inilah contoh guru hebat yang siap melayani
siswanya kapan saja dan di mana saja . Sebuah tugas yang mempertimbangkan
tingkat kesiapan murid akan membawa keluar dari zona nyaman ,mereka memberikan
tantangan,namun dengan lingkungan yang memadai materi /ketrampilan baru
tersebut akan bisa di terapkan .
SAATNYA SEKOLAHDI NEGERI INI
MEMBUTUHKAN ‘GURUHEBAT’
MENGAPA?
KARENA SEKOLAH berkualitas menjadi harapan kita semua. Tidaklah
mudah membuat sekolah berkualitas ,baik sekolah lama maupun sekolah baru. Baik sekolah
negeri maupun swasta .Baik sekolah kota mau pun sekolah desa.Banyak faktor yang dapat menentukan sekolah berkualitas ,salah satu faktor penting adalah
Guru Yang Hebat.
Guru hebat selalu standby melayan isiswa, orangtua dan stakeholders sepanjang
waktu, kapanpun dibutuhkan .Greatschoolstaff(2018) ,menyatakan bahwa dalam melayani proses pendidikan ,Guru
hebat dapa tdicirikan dengan(1) menetapkan harapan yang
tinggi untuk semua siswa ,sesuai dengan potensi dan kondisi ,(2)memiliki
tujuan yang jelas dan terdokumentasi ,(3)harus siap dan terorganisir ,(4)melibatkan
siswa untuk peduli terhadap issu dalam berbagai hal, (5)guru mendalami salah satu
subjectmatte rdan (6)mengupayakan
sering berkomunikas idengan orang tua.
AshleyPeterson-DeLuca,C(2016)mengetengahkan kualita sguru
hebat menurut kacamata siswa,yaitu: (1)kemampuan mengembangkan hubungan dengan
siswa,(2)berkepribadian sabar,peduli dan baik,(3)memiliki pengetahuan
tentang siswa,(4)memiliki dedikasi untuk mengajar,dan(5)mengawali siswa yang terikat dengan
belajar.
Walaupun Guru hebat memiliki beberapa sifat tersebut diatas ,namun
tidak cukup untuk konteks Indonesia.
Guru hebat harus menunjukkan moralitas dan akhlaq mulia .Disamping itu guru hebat juga
perlu menunjukkan berpikir terbuka dan kreatif.
Demikian juga perilaku mandiri dengan spirit interpreneurship.
Jika semua sifat tersebut dapat ditunjukkan oleh Guru hebat,dapat dipastikan
kualitas sekolah menjadi lebih baik dari waktu kewaktu. Hampir setiap guru,khususnya
Guru hebat,dalam menunaikan tugas profesionalnya,menghadapi berbagai tantangan,diantaranya:(1)Kurangnya
kerjatim,empati,dan dukungan antar siswa,(2)Guru bekerja terlalu banyak peran pada
waktu yang sama,(3)Tidak ada waktu untuk refreshing fisik,(4)Guru dituntut bertanggung
jawab lebih daripada seharusnya,(5)Tidak ada waktu untuk membuat rencana pembelajaran
yang terus menerus diperlukan,(6)Tuntutan yang berlebihan tentang data untuk
statistic atau riset,(7)Menjaga ekspektasi yang tinggi dari sekolah,dan(8)Menerapkan
kurikulum untuk semua tipe siswa.
Tantangan ini tidak bisa dibiarkan.Harus ditangani dengan
sebaik-baiknya.Guru hebat harus memiliki komitmen tinggi untuk terus menghadapi
tantangan yang berubah dengan cepat.Tantangan apapun harus dihadapi oleh Guru hebat
dengan kompetensi dan profesionalisme yang tak diragukan.
SEMUA HARAPAN ITUBISA
DIWUJUDKAN DENGAN ...
CARANYA...???
GURU“HEBAT”MEMENUHIKUALIFIKASIDANMEMILIKISELURUHKOMPETENSIPENDIDIK
KOMPETENSI PEDAGOGIK
•Kompetensi pedagogic adalah kemampuan
atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar
dengan peserta didik.Terdapat 7 aspek dalam kompetensi pedagogic yang wajib dikuasai,yaitu:
1.Karakteristik
para peserta didik
2.Teori
belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik
3.Pengembangan
kurikulum
4.Pembelajaran
yang mendidik
5.Pengembangan
potensi para peserta didik
6.Cara
berkomunikasi
7.Penilaian dan evaluasi belajar
Kompetensi Profesional
•Kompetensi profesionalini adalah kemampuan atau keterampilan
yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat di selesaikan dengan baik
dan benar.Keterampilan ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung
dengan kinerja guru. Indikator kompetensi
profesional guru adalah:
1.Menguasai materi
pelajaran yang diampu, meliputi struktur pelajaran, konsep pelajaran dan pola pikir
keilmuan materi tersebut.
2.Menguasai Standar
Kompetensi dan tujuan pembelajaran dar ipelajaran yang di ampu.
3.Mampu mengembangkan
materi pelajaran dengan kreatif sehinggabisamemberi pengetahuan dengan lebih luas
dan mendalam.
4.Mampu bertindak
reflektif dami mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
5.Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)
dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri.
Kompetensi Kepribadian
Kompetensi kepribadian
berkaitan dengan karakter guru,yang wajib dimiliki agar menjadi teladan bagi para
peserta didik.Selain itu,paraguru juga harus mampu mendidik para muridnya agar membantu
mereka memiliki kepribadian yang baik.Terdapat beberapa kepribadian yang harus dimiliki
guru,yaitu:
1.Kepribadian yang stabil,bertindak sesuai dengan norma sosial
dan bangga menjadi guru.
2.Kepribadian yang dewasa,menampilkan kemandirian dalam bertindak
sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.
3.Kepribadian yang arif menampilkan tindakan yang didasarkan pada
kemanfaatan peserta didik,sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam
berpikir dan bertindak.
4.Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh
positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang di segani.
5.Berakhlak mulia
meliputi bertindak sesuai dengan norma religious dan memiliki perilaku yang diteladani
peserta didik.
Kompetensi Sosial
•Kompetensi
sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta
didik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik,dan masyarakat sekitar.Kemampuan
ini meliputi:
1.Bertindak
objektif,tidak diskriminatif berdasarkan jenis kelamin,agama,ras,kondisi fisik,latar
belakang keluarga,dan status sosial keluarga.
2.Berkomunikasi
secara efektif,empatik,dan santun kepada sesame pendidik,tenaga kependidikan,orang
tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
3.Beradaptasi
ditempat bertugas diseluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.
4.Berkomunikasi dengan lisan maupun
tulisan.
APA YANG TERPENTING BUAT
GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
•Menciptakan
suasana pembelajaran yang memungkinkan siswa menyerap sebanyak-banyaknya materi
yang guru sampaikan.
•Mengembangkan
kepribadian siswa secara utuh melalui pengembangan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik
siswa.
•Memberikan pembelajaran kepada
siswa sesuai dengan apa yang ditargetkan pada kurikulum.
APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU
YANG MENYENANGKAN?
•Kesan1…Jika
seorang guru menyenangkan pada pertemuanya walau biasanya dapat membuat para
siswa langsung mengenal kita sebagai guru yang menyenangkan.
•Kesan2…membangkitkan kelas yang
menyerupai“kuburan”menjadi kelas dinamis dan para siswa tidak ada
yang tidak bicara selama proses belajar.
Selanjutnya ...
•Kesan3…Belajar sungguh membahagiakan
hati dan mendamaikan jiwa.
•Kesan4…Mengantarkan para siswa
kesurga dengan selalu tanpa lelah memberikan nasehat,saran dan dorongan untuk mengamalkan
ilmu dengan benar.
DEKATI
SISWA...
Guru hebat mampu
menghadirkan cinta ada profesinya dan adap ada siswanya,mampu mengajar dengan memadukan
pengetahuan,menguasai public speaking,memiliki banyak icebreaking,menampilkan slide
yang kreatif dan komunikatif,memiliki media yang menarik,mampu membuat para siswa
berpendapat,memanfaatkan teknologi dan internet untuk referensi proses pembelajaran.
Buat suasana pembelajaran
yang menggapai semua siswa dengan mengkondisikan tempat duduk,eyecontact dan sering
berjalan kearah siswa.
PENUTUP
Sebagai Penutup Dapat Disampaikan Bahwa:kehadiran Guru hebat
sangat berarti dalam membangun sekolah bermutu.Guru hebat tidak hanya bisa hadir
disekolah melainkan juga diluar sekolah.Guru hebat mampu menjadi model dan teladan
bagi semua.Guru hebat harus memiliki spirit untuk membangun sebuah peradaban yang
bermartabat.
Komentar
Posting Komentar