Resume Public Speaking Gel 6 /GURU HEBAT MASA KINI

 


RESUME PUBLIIC SPEAKING GEL 6 /PERTEMUAN KE 9

DENGAN TEMA

 GURU HEBAT MASA KINI

Hari selasa  ,tanggal 28 Februari 2023.

Dengan Narasumber  :

Dr. Drs. T.M. Jamil, M.Si

Guru pada Sekolah Pascasarjana

Program Doktor (S3) Pendidikan IPS

Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

HP/WA : 085230687117

Email : tm_jamil@usk.ac.id

My Blog : https://variyaka.wordpress.com

INTRODUCTION

T.M.Jamil,Drs,M.Si,Dr.

RiwayatPendidikan:

•S1:DepartemenEkonomiUmum,UniversitasSyiahKuala,1986

•S2:Magister,IlmuSosialdanPolitik,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,1997

•S3:Doktor,IlmuSosial,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,2009

 

Malam ini seperti biasa ibu Rifatun membuka kegiatan Public Spking yang di awali dengan berdoa di malam ini bersama dengan narasumber hebat Bapak T.M Jamil ,Drs.M.Si.Dr .Saya tidak bisa ikut hadir di zoom karena ada acara lain ,tapi saya menyimak video  nya lewat youtu.be .Dengan topic Guru Hebat Masa Kini . Ayo kita menjadi guru penggerak yang hebat dengan membuat kesiapan belajar .Kesiapan belajar adalah kapisitas untuk materi ,konsep ,ketrampilan baru .Inilah contoh guru hebat yang siap melayani siswanya kapan saja dan di mana saja . Sebuah tugas yang mempertimbangkan tingkat kesiapan murid akan membawa keluar dari zona nyaman ,mereka memberikan tantangan,namun dengan lingkungan yang memadai materi /ketrampilan baru tersebut akan bisa di terapkan .

SAATNYA SEKOLAHDI NEGERI INI MEMBUTUHKAN ‘GURUHEBAT’

MENGAPA?

KARENA SEKOLAH berkualitas menjadi harapan kita semua. Tidaklah mudah membuat sekolah berkualitas ,baik sekolah lama maupun sekolah baru. Baik sekolah negeri maupun swasta .Baik sekolah kota mau pun sekolah desa.Banyak faktor  yang dapat menentukan   sekolah berkualitas ,salah satu  faktor penting   adalah  Guru Yang Hebat.

Guru hebat selalu standby melayan isiswa, orangtua dan stakeholders sepanjang waktu, kapanpun dibutuhkan .Greatschoolstaff(2018) ,menyatakan   bahwa dalam melayani proses pendidikan ,Guru hebat dapa tdicirikan dengan(1) menetapkan harapan   yang   tinggi untuk semua siswa ,sesuai dengan potensi dan kondisi ,(2)memiliki tujuan yang jelas dan terdokumentasi ,(3)harus siap dan terorganisir ,(4)melibatkan siswa untuk peduli terhadap issu dalam berbagai hal, (5)guru mendalami salah satu subjectmatte rdan (6)mengupayakan  sering berkomunikas idengan orang tua.

AshleyPeterson-DeLuca,C(2016)mengetengahkan kualita sguru hebat menurut kacamata siswa,yaitu: (1)kemampuan mengembangkan hubungan dengan siswa,(2)berkepribadian sabar,peduli dan baik,(3)memiliki pengetahuan tentang siswa,(4)memiliki dedikasi untuk  mengajar,dan(5)mengawali siswa yang terikat dengan belajar.

Walaupun Guru hebat memiliki beberapa sifat tersebut diatas ,namun tidak cukup untuk konteks Indonesia.

Guru hebat harus menunjukkan moralitas dan  akhlaq mulia .Disamping itu guru hebat juga perlu menunjukkan berpikir terbuka dan kreatif.

Demikian juga perilaku mandiri dengan spirit interpreneurship. Jika semua sifat tersebut dapat ditunjukkan oleh Guru hebat,dapat dipastikan kualitas sekolah menjadi lebih baik dari waktu kewaktu. Hampir setiap guru,khususnya Guru hebat,dalam menunaikan tugas profesionalnya,menghadapi berbagai tantangan,diantaranya:(1)Kurangnya kerjatim,empati,dan dukungan antar siswa,(2)Guru bekerja terlalu banyak peran pada waktu yang sama,(3)Tidak ada waktu untuk refreshing fisik,(4)Guru dituntut bertanggung jawab lebih daripada seharusnya,(5)Tidak ada waktu untuk membuat rencana pembelajaran yang terus menerus diperlukan,(6)Tuntutan yang berlebihan tentang data untuk statistic atau riset,(7)Menjaga ekspektasi yang tinggi dari sekolah,dan(8)Menerapkan kurikulum untuk semua tipe siswa.

Tantangan ini tidak bisa dibiarkan.Harus ditangani dengan sebaik-baiknya.Guru hebat harus memiliki komitmen tinggi untuk terus menghadapi tantangan yang berubah dengan cepat.Tantangan apapun harus dihadapi oleh Guru hebat dengan kompetensi dan profesionalisme yang tak diragukan.

SEMUA HARAPAN ITUBISA DIWUJUDKAN DENGAN ...

CARANYA...???

GURU“HEBAT”MEMENUHIKUALIFIKASIDANMEMILIKISELURUHKOMPETENSIPENDIDIK

 

KOMPETENSI PEDAGOGIK

•Kompetensi pedagogic adalah kemampuan atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.Terdapat 7 aspek dalam kompetensi pedagogic yang wajib dikuasai,yaitu:

 

1.Karakteristik para peserta didik

2.Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik

3.Pengembangan kurikulum

4.Pembelajaran yang mendidik

5.Pengembangan potensi para peserta didik

6.Cara berkomunikasi

7.Penilaian dan evaluasi belajar

 

Kompetensi Profesional

•Kompetensi profesionalini adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat di selesaikan dengan baik dan benar.Keterampilan ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung dengan kinerja guru. Indikator kompetensi  profesional guru adalah:

1.Menguasai materi pelajaran yang diampu, meliputi struktur pelajaran, konsep pelajaran dan pola pikir keilmuan materi tersebut.

2.Menguasai Standar Kompetensi dan tujuan pembelajaran dar ipelajaran yang  di ampu.

3.Mampu mengembangkan materi pelajaran dengan kreatif sehinggabisamemberi pengetahuan dengan lebih luas dan mendalam.

4.Mampu bertindak reflektif dami mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.

5.Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri.

 

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter guru,yang wajib dimiliki agar menjadi teladan bagi para peserta didik.Selain itu,paraguru juga harus mampu mendidik para muridnya agar membantu mereka memiliki kepribadian yang baik.Terdapat beberapa kepribadian yang harus dimiliki guru,yaitu:

 

1.Kepribadian yang stabil,bertindak sesuai dengan norma sosial dan bangga menjadi guru.

2.Kepribadian yang dewasa,menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.

3.Kepribadian yang arif menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik,sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.

4.Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang di segani.

5.Berakhlak mulia meliputi bertindak sesuai dengan norma religious dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

 

Kompetensi Sosial

•Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik,dan masyarakat sekitar.Kemampuan ini meliputi:

1.Bertindak objektif,tidak diskriminatif berdasarkan jenis kelamin,agama,ras,kondisi fisik,latar belakang keluarga,dan status sosial keluarga.

2.Berkomunikasi secara efektif,empatik,dan santun kepada sesame pendidik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

3.Beradaptasi ditempat bertugas diseluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.

4.Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan.

 

APA YANG TERPENTING BUAT GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

•Menciptakan suasana pembelajaran yang memungkinkan siswa menyerap sebanyak-banyaknya materi yang guru sampaikan.

•Mengembangkan kepribadian siswa secara utuh melalui pengembangan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

•Memberikan pembelajaran kepada siswa sesuai dengan apa yang ditargetkan pada kurikulum.

 

APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN?

 

•Kesan1…Jika seorang guru menyenangkan pada pertemuanya walau biasanya dapat membuat para siswa langsung mengenal kita sebagai guru yang menyenangkan.

•Kesan2…membangkitkan kelas yang menyerupai“kuburan”menjadi kelas dinamis dan para siswa tidak ada yang tidak bicara selama proses belajar.

Selanjutnya ...

•Kesan3…Belajar sungguh membahagiakan hati dan mendamaikan jiwa.

•Kesan4…Mengantarkan para siswa kesurga dengan selalu tanpa lelah memberikan nasehat,saran dan dorongan untuk mengamalkan ilmu dengan benar.

DEKATI SISWA...

Guru hebat mampu menghadirkan cinta ada profesinya dan adap ada siswanya,mampu mengajar dengan memadukan pengetahuan,menguasai public speaking,memiliki banyak icebreaking,menampilkan slide yang kreatif dan komunikatif,memiliki media yang menarik,mampu membuat para siswa berpendapat,memanfaatkan teknologi dan internet untuk referensi proses pembelajaran.

Buat suasana pembelajaran yang menggapai semua siswa dengan mengkondisikan tempat duduk,eyecontact dan sering berjalan kearah siswa.

 

PENUTUP

Sebagai Penutup Dapat Disampaikan Bahwa:kehadiran Guru hebat sangat berarti dalam membangun sekolah bermutu.Guru hebat tidak hanya bisa hadir disekolah melainkan juga diluar sekolah.Guru hebat mampu menjadi model dan teladan bagi semua.Guru hebat harus memiliki spirit untuk membangun sebuah peradaban yang bermartabat.

RESUME PUBLIIC SPEAKING GEL 6 /PERTEMUAN KE 9

DENGAN TEMA

 GURU HEBAT MASA KINI

Hari selasa  ,tanggal 28 Februari 2023.

Dengan Narasumber  :

Dr. Drs. T.M. Jamil, M.Si

Guru pada Sekolah Pascasarjana

Program Doktor (S3) Pendidikan IPS

Universitas Syiah Kuala Banda Aceh

HP/WA : 085230687117

Email : tm_jamil@usk.ac.id

My Blog : https://variyaka.wordpress.com

INTRODUCTION

T.M.Jamil,Drs,M.Si,Dr.

RiwayatPendidikan:

•S1:DepartemenEkonomiUmum,UniversitasSyiahKuala,1986

•S2:Magister,IlmuSosialdanPolitik,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,1997

•S3:Doktor,IlmuSosial,Pascasarjana,UniversitasAirlangga,2009

 

Malam ini seperti biasa ibu Rifatun membuka kegiatan Public Spking yang di awali dengan berdoa di malam ini bersama dengan narasumber hebat Bapak T.M Jamil ,Drs.M.Si.Dr .Saya tidak bisa ikut hadir di zoom karena ada acara lain ,tapi saya menyimak video  nya lewat youtu.be .Dengan topic Guru Hebat Masa Kini . Ayo kita menjadi guru penggerak yang hebat dengan membuat kesiapan belajar .Kesiapan belajar adalah kapisitas untuk materi ,konsep ,ketrampilan baru .Inilah contoh guru hebat yang siap melayani siswanya kapan saja dan di mana saja . Sebuah tugas yang mempertimbangkan tingkat kesiapan murid akan membawa keluar dari zona nyaman ,mereka memberikan tantangan,namun dengan lingkungan yang memadai materi /ketrampilan baru tersebut akan bisa di terapkan .

SAATNYA SEKOLAHDI NEGERI INI MEMBUTUHKAN ‘GURUHEBAT’

MENGAPA?

KARENA SEKOLAH berkualitas menjadi harapan kita semua. Tidaklah mudah membuat sekolah berkualitas ,baik sekolah lama maupun sekolah baru. Baik sekolah negeri maupun swasta .Baik sekolah kota mau pun sekolah desa.Banyak faktor  yang dapat menentukan   sekolah berkualitas ,salah satu  faktor penting   adalah  Guru Yang Hebat.

Guru hebat selalu standby melayan isiswa, orangtua dan stakeholders sepanjang waktu, kapanpun dibutuhkan .Greatschoolstaff(2018) ,menyatakan   bahwa dalam melayani proses pendidikan ,Guru hebat dapa tdicirikan dengan(1) menetapkan harapan   yang   tinggi untuk semua siswa ,sesuai dengan potensi dan kondisi ,(2)memiliki tujuan yang jelas dan terdokumentasi ,(3)harus siap dan terorganisir ,(4)melibatkan siswa untuk peduli terhadap issu dalam berbagai hal, (5)guru mendalami salah satu subjectmatte rdan (6)mengupayakan  sering berkomunikas idengan orang tua.

AshleyPeterson-DeLuca,C(2016)mengetengahkan kualita sguru hebat menurut kacamata siswa,yaitu: (1)kemampuan mengembangkan hubungan dengan siswa,(2)berkepribadian sabar,peduli dan baik,(3)memiliki pengetahuan tentang siswa,(4)memiliki dedikasi untuk  mengajar,dan(5)mengawali siswa yang terikat dengan belajar.

Walaupun Guru hebat memiliki beberapa sifat tersebut diatas ,namun tidak cukup untuk konteks Indonesia.

Guru hebat harus menunjukkan moralitas dan  akhlaq mulia .Disamping itu guru hebat juga perlu menunjukkan berpikir terbuka dan kreatif.

Demikian juga perilaku mandiri dengan spirit interpreneurship. Jika semua sifat tersebut dapat ditunjukkan oleh Guru hebat,dapat dipastikan kualitas sekolah menjadi lebih baik dari waktu kewaktu. Hampir setiap guru,khususnya Guru hebat,dalam menunaikan tugas profesionalnya,menghadapi berbagai tantangan,diantaranya:(1)Kurangnya kerjatim,empati,dan dukungan antar siswa,(2)Guru bekerja terlalu banyak peran pada waktu yang sama,(3)Tidak ada waktu untuk refreshing fisik,(4)Guru dituntut bertanggung jawab lebih daripada seharusnya,(5)Tidak ada waktu untuk membuat rencana pembelajaran yang terus menerus diperlukan,(6)Tuntutan yang berlebihan tentang data untuk statistic atau riset,(7)Menjaga ekspektasi yang tinggi dari sekolah,dan(8)Menerapkan kurikulum untuk semua tipe siswa.

Tantangan ini tidak bisa dibiarkan.Harus ditangani dengan sebaik-baiknya.Guru hebat harus memiliki komitmen tinggi untuk terus menghadapi tantangan yang berubah dengan cepat.Tantangan apapun harus dihadapi oleh Guru hebat dengan kompetensi dan profesionalisme yang tak diragukan.

SEMUA HARAPAN ITUBISA DIWUJUDKAN DENGAN ...

CARANYA...???

GURU“HEBAT”MEMENUHIKUALIFIKASIDANMEMILIKISELURUHKOMPETENSIPENDIDIK

 

KOMPETENSI PEDAGOGIK

•Kompetensi pedagogic adalah kemampuan atau keterampilan guru mengelola proses pembelajaran atau interaksi belajar mengajar dengan peserta didik.Terdapat 7 aspek dalam kompetensi pedagogic yang wajib dikuasai,yaitu:

 

1.Karakteristik para peserta didik

2.Teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik

3.Pengembangan kurikulum

4.Pembelajaran yang mendidik

5.Pengembangan potensi para peserta didik

6.Cara berkomunikasi

7.Penilaian dan evaluasi belajar

 

Kompetensi Profesional

•Kompetensi profesionalini adalah kemampuan atau keterampilan yang harus dimiliki guru agar tugas-tugas keguruan dapat di selesaikan dengan baik dan benar.Keterampilan ini berkaitan dengan hal-hal yang teknis dan berkaitan langsung dengan kinerja guru. Indikator kompetensi  profesional guru adalah:

1.Menguasai materi pelajaran yang diampu, meliputi struktur pelajaran, konsep pelajaran dan pola pikir keilmuan materi tersebut.

2.Menguasai Standar Kompetensi dan tujuan pembelajaran dar ipelajaran yang  di ampu.

3.Mampu mengembangkan materi pelajaran dengan kreatif sehinggabisamemberi pengetahuan dengan lebih luas dan mendalam.

4.Mampu bertindak reflektif dami mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.

5.Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) dalam proses pembelajaran serta pengembangan diri.

 

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi kepribadian berkaitan dengan karakter guru,yang wajib dimiliki agar menjadi teladan bagi para peserta didik.Selain itu,paraguru juga harus mampu mendidik para muridnya agar membantu mereka memiliki kepribadian yang baik.Terdapat beberapa kepribadian yang harus dimiliki guru,yaitu:

 

1.Kepribadian yang stabil,bertindak sesuai dengan norma sosial dan bangga menjadi guru.

2.Kepribadian yang dewasa,menampilkan kemandirian dalam bertindak sebagai pendidik dan memiliki etos kerja sebagai guru.

3.Kepribadian yang arif menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik,sekolah dan masyarakat dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.

4.Kepribadian yang berwibawa meliputi memiliki perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik dan memiliki perilaku yang di segani.

5.Berakhlak mulia meliputi bertindak sesuai dengan norma religious dan memiliki perilaku yang diteladani peserta didik.

 

Kompetensi Sosial

•Kompetensi sosial merupakan kemampuan guru untuk berkomunikasi secara efektif dengan peserta didik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik,dan masyarakat sekitar.Kemampuan ini meliputi:

1.Bertindak objektif,tidak diskriminatif berdasarkan jenis kelamin,agama,ras,kondisi fisik,latar belakang keluarga,dan status sosial keluarga.

2.Berkomunikasi secara efektif,empatik,dan santun kepada sesame pendidik,tenaga kependidikan,orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

3.Beradaptasi ditempat bertugas diseluruh wilayah RI yang memiliki keragaman sosial budaya.

4.Berkomunikasi dengan lisan maupun tulisan.

 

APA YANG TERPENTING BUAT GURU DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

•Menciptakan suasana pembelajaran yang memungkinkan siswa menyerap sebanyak-banyaknya materi yang guru sampaikan.

•Mengembangkan kepribadian siswa secara utuh melalui pengembangan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.

•Memberikan pembelajaran kepada siswa sesuai dengan apa yang ditargetkan pada kurikulum.

 

APAKAH KITA SUDAH MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN?

 

•Kesan1…Jika seorang guru menyenangkan pada pertemuanya walau biasanya dapat membuat para siswa langsung mengenal kita sebagai guru yang menyenangkan.

•Kesan2…membangkitkan kelas yang menyerupai“kuburan”menjadi kelas dinamis dan para siswa tidak ada yang tidak bicara selama proses belajar.

Selanjutnya ...

•Kesan3…Belajar sungguh membahagiakan hati dan mendamaikan jiwa.

•Kesan4…Mengantarkan para siswa kesurga dengan selalu tanpa lelah memberikan nasehat,saran dan dorongan untuk mengamalkan ilmu dengan benar.

DEKATI SISWA...

Guru hebat mampu menghadirkan cinta ada profesinya dan adap ada siswanya,mampu mengajar dengan memadukan pengetahuan,menguasai public speaking,memiliki banyak icebreaking,menampilkan slide yang kreatif dan komunikatif,memiliki media yang menarik,mampu membuat para siswa berpendapat,memanfaatkan teknologi dan internet untuk referensi proses pembelajaran.

Buat suasana pembelajaran yang menggapai semua siswa dengan mengkondisikan tempat duduk,eyecontact dan sering berjalan kearah siswa.

 

PENUTUP

Sebagai Penutup Dapat Disampaikan Bahwa:kehadiran Guru hebat sangat berarti dalam membangun sekolah bermutu.Guru hebat tidak hanya bisa hadir disekolah melainkan juga diluar sekolah.Guru hebat mampu menjadi model dan teladan bagi semua.Guru hebat harus memiliki spirit untuk membangun sebuah peradaban yang bermartabat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruslah merasa haus dengan terus belajar

Wujudkan mimpi dengan kesungguhan

Kunci dari keberhasilan ikhlas dan sabar