KESEPAKATAN KELAS SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN

 BUDAYA POSITIF


Berdiskusi dengan Orang tua murid kelas 4 B





  

Emplementasi hasil diskusi kesepakatan kelas 4 B

Latar Belakang

Dalam proses pembelajaran, setiap guru pasti mempunyai tantangan yang berbeda dalam menghadapi siswanyanya karena masing masing siswa mempunyai keunikan tersendiri. Tantangan dalam mengelola kelas akan selalu ada dan  muncul setiap saat. Selain mengurus banyak hal mulai dari membuat RPP, menyiapkam kegiatan proses pembelajaran, hingga mengevaluasi kelas, kita juga harus bisa mengatur perilaku murid di dalam kelas. Sebagai seorang guru pastinya kita ingin memberikan yang terbaik kepada siswa. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melaksanakan pengajaran yang menggunakan aturan, prosedur, dan rutinitas untuk meyakinkan bahwa semua siswa terlibat aktif dalam setiap pembelajaran. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah  perlu adanya kesepakatan kelas supaya pembelajaran berjalan lancar.

Tujuan

1. Tidak terjadi keributan dalam kelas

2. Menjaga ketertiban dalam kelas

Deskripsi Aksi Nyata

Kesepakatana kelas merupakan langkah awal penerapan budaya positif di sekolah. Dalam pelaksanaannya, kesepakatan kelas melibatkan siswa, kepala sekolah, orang tua dan rekan guru. Kesepakatan kelas ini dibuat pada awal semester ganjil tahun ajaran 2022-2023, setelah anak -anak naik kelas 4 saya melakukan aksi nyata dengan membuat kesepakatan kelas , . Sebelum melaksanakan aksi nyata, saya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Sekolah sehubungan pembuatan kesepakatan kelas yang akan melibatkan siswa secara langsung disekolah. Kepala Sekolah memberi izin dengan syarat tetap memperhatikan protocol kesehatan. Dan kedisiplinan. Disamping itu komunikasi dengan orang tua siswa sebelum kehadiran siswa di sekolah. Terdapat 43  siswa di kelas 4 B anak -anak senang terlibat dalam membuat kesepakatan  kelas .

Langkah yang saya  lakukan dalam membuatan kesepakatan kelas adalah :

1.   Mengadakan diskusi dan arahan kepada korlas dan anak -anak untuk membuat kesepakatan kelas 4 B .

2.   Membagikan kertas yang berisi tulisan kesepakatan kelas yang harus di kasih tanda setuju atau tidak setuju .anak -anak akan memberikan Cek Lis dilembar kertas yang ada pilihan tentang kesepakatan kelas .  

3.   Mengumpulkan kertas dan membacakan satu persatu aturan yang diusulkan siswa serta mendiskusikan mana yang disepakati dan mana yang tidak.

4.   Saya  menambahkan beberapa hal seandainya ada yang belum terakomodasi dalam kesepakatan

5.   Mendiskusikan konsekuensi dari pelanggaran kesepakatan yang telah disetujui dengan menjelaskan alasan alasan diterapkannya konsekuensi.

6.   Menuliskan hasil jawaban kesepaktan kelas di kertas , kemudian di tempel di dinding .

Kesepakatan kelas yang telah dibuat bisa langsung di laksanakan sesuai dengan jadwal yang telah di sepakati . . Diharapkan dengan kesepakatan kelas yang sudah dibuat dikelas IV khususnya di SDN Serua 03 Ciputat  bisa membentuk karakter  siswa.yang disiplin dan bertanggung jawab.

Tantangan

1.   Masih ada siswa yang malu menyampaikan pendapatnya sehingga lebih menerima kesepakatan yang telah dibuat.

2.   Masih ada siswa yang kelihatan keberatan dengan kesepakatan yang telah dibuat, mungkin karena belum terbiasa bangun pagi sehingga sering terlambat.        

 

Hasil dari Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata melalui pembuatan kesepakatan kelas membuat siswa merasa lebih diperhatikan, lebih dihargai dan diakui sebagai sosok yang berpendapat. Diharapkan setelah adanya kesepakatan kelas terjadi perubahan perilaku siswa kea rah yang lebih baik dan siswa menyadari setiap tindakan yang dilakukan diawasi oleh kesepakatan yang telah mereka buat,Dampak yang paling baik adalah, selain setiap siswa dapat mulai berperilaku positif dengan penuh kesadaran, mereka juga menyadari bahwa peran guru di dalam kelas bukan sebagai pengawas aturan yang menakutkan, tapi sebagai pembimbing dan pengayom yang siap mengingatkan siswa  untuk konsisten mencapai tujuan untuk menjadi diri yang lebih baik.

Rekan guru memberikan tanggapan yang  positif selama  melihat keberlangsungan pembuatan kesepakatan kelas. mereka terlihat antusias,  terinspirasi dan termotivasi untuk melakukan hal yang sama dengan cara mereka masing-masing. Oleh karena itu kegiatan aksi nyata ini sangat bermanfaat demi tumbuh dan pembiasaannya budaya positif yang berawal dari kelas dan akhirnya pada sekolah. Apresiasi dari kepala sekolah terhadap kegiatan aksi nyata sangat baik. Diharapkan aksi nyata ini akan diterapkan secara keseluruhan oleh semua guru mata pelajaran pada tahun ajaran baru .. Melalui kegiatan aksi nyata berupa pembuatan kesepakatan kelas ditemukan banyak hal positif yang kelak akan mewujudkan budaya positif di sekolah di masa yang akan datang

Pertanyaan yang di ajukan

1.    Apakah guru melibatkan saat berdiskusi dengan murid ?

Jawab .Ya

2.    Apa Fungsi kegunaan kesepakatan kelas ?

Jawab :Untuk menciptakan Kerjasama yang baik di dalam kelas dan kenyamanan belajar .

3.    Sering mendiskusikan kah guru dengan murid ?

4.    Jawab :Sering .

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruslah merasa haus dengan terus belajar

Tuhan senatiasa bersamamu

Kunci dari keberhasilan ikhlas dan sabar