Penguatan Prakteik Coaching Di lokakarya 4

Kegiatan di lokakarya 4 “PENGUATAN PRAKTIK COACHING “ Menjadi tulisan saya di hari ke 26 di kompasiana ,kami para Pengajar Praktek berbagi tugas untuk menyampaikan materi pada hari ini di awali dengan pembukaan dengan ice breaking senam profil pelajar pancasila agar para CGP lebih semangat lagi karena sudah 1 bulan tidak bertemu ,kegiatan selanjutnya penjelasan tujuan dan pengulasan kesepakatan kelas agar situasi belajar hari ini nyaman .Pengajar praktik memberikan saran untuk kesepakatan belajar dari peserta dan mendokumentasikan kesepakatan belajar tersebut di powerpoint, yang dapat di lihat oleh CGP ,Selanjutkan pengajar praktik mengajukan beberapa pertanyaan kepada CGP tentang perbedaan dari Coaching ,Mentoring dan Konseling .Penjelasan dari Coaching adalah proses di mana seorang coach ,menuntun coachee untuk menemukan ide ,cara untuk mengatasi masalah nya atau mencapai tujuannya ,Hubungannya adalah kemitraan .Mentoring adalah proses dimana seorang mentor membagikan pengalamannya untuk membantu mentee mengembangkan dirinya ,Hubungan antar mentor dan mentee adalah seorang yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman ,Mentor biasanya meberi tips pada mentee. Konseling berarti proses di mana konseli di bantu untuk memecahkan masalahnya .Hubungan antara konselor dan konseli adalah seorang  yang ahli dan seseorang yang ,membutuhkan bantuan. Prinsip –prinsip Coaching ada 3 yaitu kemitraan berarti posisi antara coach dan coachee setara ,Proses kreatif mengedepankan percakapan dua arah ,menghasilkan ide –ide baru ,memaksimalkan potensi ,perlu adanya rencana tindak lanjut oleh rekan /coache yang sedang di kembangkan .Menarik di lokakarya ini semua kelompok CGP dapat langsung mempraktekan hasil Coaching bersama menggunakan alur percakapan “TIRTA “ yaitu Tujuan ,Identifikasi ,Rencana aksi , Tanggung Jawab . Tujuan adalah tahap awal di mana kedua pihak ,coach dan coachee ,menyepakati tujuan pembicaraan yang berlangsung , Identifikasi adalah tahap di mana coach mengali dan memetakan situasi yang sedang di bicarakan .Rencana Aksi adalah tahap  pengembangan ide untuk rencana yang akan di buat .Tanggung Jawab adalah tahap membuat komitmen atas hasil yang akan di capaiu untuk langkah selanjutnya .Selanjutnya materi berikutnya yaitu 3 rangkaian supervise akademik  yaitu Pra-observasi ,kedua Observasi dan ke tiga Pasca observasi .di kegiatan ini CGP Melakukan kegiatan supervise akademik bersama dengan sesama CGP berpasang –pasangan melakukan semua kegiatan dan di lakukan Refleksi praktik coaching dari pengalaman yang di lakukan ketika praktek coaching .Pengajar praktik membagi dalam 3 kelompok mengajak CGP untuk berdiskusi dan menuliskan pengalamannya dalam pos-it . Pertanyaan yang

 1. Apa yang menarik ketika melakukan coaching ?

2. Hal apa yang sulit ketika melakukan coaching ?

3. Apa insinght yang CGP dapatkan setelah melakukan proses coaching ?

4. Apakah ada hal –hal terkait coaching yang masih CGP belum paham ?

Selanjutkan kegiatan di lakukan dalam praktik Coaching ,Mengisi lembar observasi ,dan terakhir praktik rangkaian supervise akademik dengan pola pikir coaching .Di lanjutkan dengan Refleksi lokakarya 4 Untuk menguatkan peran CGP sebagai pemimpin pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada kelas ,namun juga pada rekan sejawat CGP dapat mendampingi rekan sejawat untuk menyusun RPP yang Berdiferensiasi serta kuat unsur sosial Emosionalnya.Dan melakukan percakapan pra –observasi serta observasi . Dengan berakhirnya sesi sesi tadi berakhir pula lokakarya 4 !Terima kasih atas partisipasi bapak /ibu Calon Guru Penggerak ,Sampai berjumpa lagi di kegiatan –kegaiatan berikutnya .

Salam Blogger Persahabatan   


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teruslah merasa haus dengan terus belajar

Tuhan senatiasa bersamamu

Kunci dari keberhasilan ikhlas dan sabar