Penguatan Prakteik Coaching Di lokakarya 4
Kegiatan di lokakarya 4 “PENGUATAN
PRAKTIK COACHING “ Menjadi tulisan saya di hari ke 26 di kompasiana ,kami para
Pengajar Praktek berbagi tugas untuk menyampaikan materi pada hari ini di awali
dengan pembukaan dengan ice breaking senam profil pelajar pancasila agar para
CGP lebih semangat lagi karena sudah 1 bulan tidak bertemu ,kegiatan
selanjutnya penjelasan tujuan dan pengulasan kesepakatan kelas agar situasi
belajar hari ini nyaman .Pengajar praktik memberikan saran untuk kesepakatan
belajar dari peserta dan mendokumentasikan kesepakatan belajar tersebut di
powerpoint, yang dapat di lihat oleh CGP ,Selanjutkan pengajar praktik
mengajukan beberapa pertanyaan kepada CGP tentang perbedaan dari Coaching
,Mentoring dan Konseling .Penjelasan dari Coaching adalah proses di mana
seorang coach ,menuntun coachee untuk menemukan ide ,cara untuk mengatasi
masalah nya atau mencapai tujuannya ,Hubungannya adalah kemitraan .Mentoring
adalah proses dimana seorang mentor membagikan pengalamannya untuk membantu
mentee mengembangkan dirinya ,Hubungan antar mentor dan mentee adalah seorang
yang berpengalaman dan yang belum berpengalaman ,Mentor biasanya meberi tips
pada mentee. Konseling berarti proses di mana konseli di bantu untuk memecahkan
masalahnya .Hubungan antara konselor dan konseli adalah seorang yang ahli dan seseorang yang ,membutuhkan
bantuan. Prinsip –prinsip Coaching ada 3 yaitu kemitraan berarti posisi antara
coach dan coachee setara ,Proses kreatif mengedepankan percakapan dua arah
,menghasilkan ide –ide baru ,memaksimalkan potensi ,perlu adanya rencana tindak
lanjut oleh rekan /coache yang sedang di kembangkan .Menarik di lokakarya ini
semua kelompok CGP dapat langsung mempraktekan hasil Coaching bersama
menggunakan alur percakapan “TIRTA “ yaitu Tujuan ,Identifikasi ,Rencana aksi ,
Tanggung Jawab . Tujuan adalah tahap awal di mana kedua pihak ,coach dan
coachee ,menyepakati tujuan pembicaraan yang berlangsung , Identifikasi adalah
tahap di mana coach mengali dan memetakan situasi yang sedang di bicarakan
.Rencana Aksi adalah tahap pengembangan
ide untuk rencana yang akan di buat .Tanggung Jawab adalah tahap membuat
komitmen atas hasil yang akan di capaiu untuk langkah selanjutnya .Selanjutnya
materi berikutnya yaitu 3 rangkaian supervise akademik yaitu Pra-observasi ,kedua Observasi dan ke
tiga Pasca observasi .di kegiatan ini CGP Melakukan kegiatan supervise akademik
bersama dengan sesama CGP berpasang –pasangan melakukan semua kegiatan dan di
lakukan Refleksi praktik coaching dari pengalaman yang di lakukan ketika
praktek coaching .Pengajar praktik membagi dalam 3 kelompok mengajak CGP untuk
berdiskusi dan menuliskan pengalamannya dalam pos-it . Pertanyaan yang
1. Apa yang menarik ketika melakukan coaching
?
2. Hal apa yang sulit ketika
melakukan coaching ?
3. Apa insinght yang CGP
dapatkan setelah melakukan proses coaching ?
4. Apakah ada hal –hal terkait
coaching yang masih CGP belum paham ?
Selanjutkan kegiatan di lakukan
dalam praktik Coaching ,Mengisi lembar observasi ,dan terakhir praktik
rangkaian supervise akademik dengan pola pikir coaching .Di lanjutkan dengan
Refleksi lokakarya 4 Untuk menguatkan peran CGP sebagai pemimpin pembelajaran
yang tidak hanya berfokus pada kelas ,namun juga pada rekan sejawat CGP dapat
mendampingi rekan sejawat untuk menyusun RPP yang Berdiferensiasi serta kuat
unsur sosial Emosionalnya.Dan melakukan percakapan pra –observasi serta
observasi . Dengan berakhirnya sesi sesi tadi berakhir pula lokakarya 4 !Terima
kasih atas partisipasi bapak /ibu Calon Guru Penggerak ,Sampai berjumpa lagi di
kegiatan –kegaiatan berikutnya .
Salam Blogger Persahabatan
Komentar
Posting Komentar